PENERAPAN MODEL PICTURE AND PICTURE PADA MATERI GANGGUAN KESEHATAN PADA ORGAN PEREDARAN DARAH DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS V SD NEGERI TEUREUBUE

Authors

  • Nasri Diana

DOI:

https://doi.org/10.58645/eksperimental.v10i1.212

Keywords:

Picture and Picture, student learning outcomes, 5th grade

Abstract

This study aims to determine the improvement of student learning outcomes in class V SD Negeri Tereubue by applying the picture and picture model to the lesson disturbances in blood circulatory organs. The type of research was Classroom Action Research. The subjects of the research were 5th grade, totaling 19 students consisting of 14 boys and 5 girls. Data collection techniques used LKS, LOAS, LOAG, and test questions. The study consisted of 3 cycles. In the first cycle, the average score of students was 66.31 with a completeness percentage of 46.36%. In the second cycle increased with the average value of students is 76.56 with a percentage of completeness of 89.47%. Furthermore, there was a significant increase in cycle III with the acquisition of an average score of 85.53 students with a percentage of completeness of 100%.

References

Aden Arif Gaffar. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP Pada Pembelajaran IPA. Jurnal Bio Educatio Vol 3 No 1 hlm. 10-21. ISSN : 2541-2280

Alwi, Hasan.2003. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi 3. Jakarta: Balai Pustaka

Anita Dewi, Annisa. 2017. Guru Mata Tombak Pendidikan. Tasik Malaya: Jejak

Aqib. Z. 2013. Model-model, Media dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung : CV Sahabat

Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Arsyad, Azhar. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo, 2003.

B. Uno Hamzah. Perencanaan Pembelajaran. Bumi Aksara, Jakarta, 2012

Bahri Djamarah, Syaiful & Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta

Departemen Pendidikan Nasional. 2004. Pedoman Umum Pengembangan Bahan Ajar Sekolah Menengah Atas. Departemen Pendidikan Nasional: Direktorat Pendidikan Menengah Umum

Diana Dahlan, dkk. 2013. Meningkatkan Aktivitas belajar IPA Menggunakan Media Gambar Pada Siswa SDN 59 KM.2 Ngabang. Artikel Penelitian. Pontianak : Universitas Tanjungpura

Dimyati dan Mudjiono. 1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta

Faisal Abdullah. 2015. Bakat dan Kreativitas. Palembang: Noer Fikri

Felder, Richard M. 1994. Cooperative Learning in Technical Courses : Procedures, Pitfalls, and Payoffs. ERIC Document Reproduction Service Report ED 377038

Hamalik, Oemar. 2016. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Prndekatan Sistem. Jakarta : Bumi Aksara

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia

Hamidia, Rauhul. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Picture and Picture untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Tema Peduli terhadap Makhluk Hidup di Kelas IV MIN 5 Banda Aceh. Skripsi. Banda Aceh : UIN Ar-Raniry

Ibnu Badar, Trianto. 2013. Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik. Jakarta: Prenadamedia Group

Ibnu Badr Trianto. 2015. Mendesain Pembelajaran Inovatif, Progesif dan Konstektual. Jakarta: Prenada Media

Ihsan, Fuad. 2010. Dasar-Dasar Kependidikan; Komponen MKDK. Jakarta : Rineka Cipta

Indrawati. 2009. Model Pembelajaran Terpadu di Sekolah Dasar untuk Guru SD. Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Ilmu Pengetahuan Alam PPPPTK untuk Program BERMUTU

Juwita, Maulana Ratna. 2018. Penerapan Picture And Picture Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Qur’an Hadits Kelas VII di MTsN 1 Aceh Besar. Skripsi. Banda Aceh : UIN Ar-Raniry

Khan, Ali Shafique. 2005. Filsafat Pendidikan Al-Ghazali. Bandung: Pustaka Setia

Kunandar. 2008. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Pers

Kusnandi. 2017. Model Inovasi Pendidikan Dengan Strategi Implementasi Konsep“Dare To Be Different”. Jurnal Wahana Pendidikan Volume 4 No 1

Majid, Abdul. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya

Manshur, Psikologi Pendidikan, Yogjakarta: Universitas Gajah Mada, 2004.

Mulyasa, E. 2012. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta : Bumi Aksara

Mulyono, Abdurrahman. 1999. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Munandar, Utami. 2004. Pengembangan KreatifitasAnak Berbakat. Jakarta: PT Rineka Cipta

Naim, Ngainun. 2009. Rekonstruksi Pendidikan Nasional Membangun Paradigma yang Mencerahkan . Yogyakarta: Teras

Nasution. 1995. Didaktik Asas-Asas Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Nata, Abuddin. 2004. Manajemen Pendidikan: Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam. Jakarta: Prenada Media

Nata, Abudin. 2011. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana

Nurhadi dkk. 2003. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang

Nurrahmah, Cut. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Picture and Picture dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Tema Hidup Bersih dan Sehat Kelas II MIN 16 Aceh Besar. Skripsi. Banda Aceh : UIN Ar-Raniry

Pemerintah Republik Indonesia. 2009. Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003. Jakarta : Sinar Grafika

Pohan, Rusdin. 2008. Metodelogi Penelitian Pendidikan Cet ke II. Banda Aceh: Arrijal Institute

Purwanto, Ngalim. 2002. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya

Rianto Yatim. 2010. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta : Kencana Prenada Media Group

Rizal, Fahrul. 2013. Penerapan Teori Difusi Inovasi dalam Perubahan Sosial Budaya. Jurnal Hikmah Vol. VI No. 01

Sagala, Syaiful, Konsep dan Makna Pembelajaran, Bandung: Alfabeta, 2005.

Shaleh, Abdul, Muhibbin Abdul Wahab. 2009. Psikologi Suatu Pengantar Dalam Perfektif Islam. Jakarta: Kencana

Sanjaya, Wina. 2009. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana,

Sanjaya, Wina. 2010. Kurikulum dan Pembelajaran: Teori dan Praktik Pengembangan KurikulumTingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana

Sardiman. 2000. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Raja Grafindo Persada

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar Ruzz Media

Suardi, Moh. 2018. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Budi Utama

Sudarsono. 1993. Kamus Filsafat dan Psikologi. Jakarta: Rineka Cipta

Sudjana. 1989. Metode Statistika. Bandung: Tarsito

Sudjana, Nana. 2009. Penelitian Hasil Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya

Sugono, Dendy. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi ke empat, Jakarta: PT Gramedia, Pustaka Utama, 2008.

Suhaida, Abdul Kadir. 2002. Perbandingan Pembelajaran Kooperatif dan Tradisional Terhadap Prestasi, Atribusi Pencapaian, Konsep Kondisi Akademik dan hubungan Sosial Dalam Pendidikan Perakaunan. Malaysia: Universiti Putra Malaysia

Suprijono, Agus. 2009 Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Jakarta: Rineka Cipta

Suprijono, Agus. 2010 Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajaran

-----. 2012. Cooperative Learning. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Surnaya, Mista. 2017. Kontribusi Inovasi Pembelajaran Guru PAI Dan Efektivitas Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Harapan 3 Kec. Deli Tua Kab. Deli Serdang. Jurnal Edu Riligia Vol. 1. No. 2

Surya Subrata, Sumadi. 1995. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Surya, Moh. 1982. Pengajaran Remedial. Jakarta: Ghalia

Syah, Muhibbin. 2000. Psikologi Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya,

Talajan, Guntur. 2012 Menumbuhkan Kreatifitas& Prestasi Guru. Yogyakarta: LaksBang PRESSindo

Tim Penyusun Pusat Bahasa (Mendikbud). 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia Ed. 3, cet. 4. Jakarta: Balai Pustaka,

Tri Anni, Catharina. 2004. Psikologi Belajar. Semarang: IKIP Semarang Press

Trianto. 2008 Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) Di Kelas . Jakarta: Cerdas Pustaka

Uzer Usman, Muhammad. 2000. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya

Waluyo, Edi. 2013. Pengaruh Kreatifitas Guru dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa. Skripsi. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta

Warsah, Idi and Muhamad Uyun. 2021. Kepribadian Pendidik: Telaah Psikologi Islami. Psikis : Jurnal Psikologi Islami Vol 5 No.1

Wijaya, Cece dan Tabrani Rusyan. 1994. Kemampuan Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya

Downloads

Published

2022-10-02

Issue

Section

Articles