PENERAPAN MODEL PICTURE AND PICTURE PADA MATERI GANGGUAN KESEHATAN PADA ORGAN PEREDARAN DARAH DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS V SD NEGERI TEUREUBUE
DOI:
https://doi.org/10.58645/eksperimental.v10i1.212Keywords:
Picture and Picture, student learning outcomes, 5th gradeAbstract
This study aims to determine the improvement of student learning outcomes in class V SD Negeri Tereubue by applying the picture and picture model to the lesson disturbances in blood circulatory organs. The type of research was Classroom Action Research. The subjects of the research were 5th grade, totaling 19 students consisting of 14 boys and 5 girls. Data collection techniques used LKS, LOAS, LOAG, and test questions. The study consisted of 3 cycles. In the first cycle, the average score of students was 66.31 with a completeness percentage of 46.36%. In the second cycle increased with the average value of students is 76.56 with a percentage of completeness of 89.47%. Furthermore, there was a significant increase in cycle III with the acquisition of an average score of 85.53 students with a percentage of completeness of 100%.
References
Aden Arif Gaffar. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP Pada Pembelajaran IPA. Jurnal Bio Educatio Vol 3 No 1 hlm. 10-21. ISSN : 2541-2280
Alwi, Hasan.2003. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi 3. Jakarta: Balai Pustaka
Anita Dewi, Annisa. 2017. Guru Mata Tombak Pendidikan. Tasik Malaya: Jejak
Aqib. Z. 2013. Model-model, Media dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung : CV Sahabat
Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
Arsyad, Azhar. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo, 2003.
B. Uno Hamzah. Perencanaan Pembelajaran. Bumi Aksara, Jakarta, 2012
Bahri Djamarah, Syaiful & Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta
Departemen Pendidikan Nasional. 2004. Pedoman Umum Pengembangan Bahan Ajar Sekolah Menengah Atas. Departemen Pendidikan Nasional: Direktorat Pendidikan Menengah Umum
Diana Dahlan, dkk. 2013. Meningkatkan Aktivitas belajar IPA Menggunakan Media Gambar Pada Siswa SDN 59 KM.2 Ngabang. Artikel Penelitian. Pontianak : Universitas Tanjungpura
Dimyati dan Mudjiono. 1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta
Faisal Abdullah. 2015. Bakat dan Kreativitas. Palembang: Noer Fikri
Felder, Richard M. 1994. Cooperative Learning in Technical Courses : Procedures, Pitfalls, and Payoffs. ERIC Document Reproduction Service Report ED 377038
Hamalik, Oemar. 2016. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Prndekatan Sistem. Jakarta : Bumi Aksara
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia
Hamidia, Rauhul. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Picture and Picture untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Tema Peduli terhadap Makhluk Hidup di Kelas IV MIN 5 Banda Aceh. Skripsi. Banda Aceh : UIN Ar-Raniry
Ibnu Badar, Trianto. 2013. Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik. Jakarta: Prenadamedia Group
Ibnu Badr Trianto. 2015. Mendesain Pembelajaran Inovatif, Progesif dan Konstektual. Jakarta: Prenada Media
Ihsan, Fuad. 2010. Dasar-Dasar Kependidikan; Komponen MKDK. Jakarta : Rineka Cipta
Indrawati. 2009. Model Pembelajaran Terpadu di Sekolah Dasar untuk Guru SD. Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Ilmu Pengetahuan Alam PPPPTK untuk Program BERMUTU
Juwita, Maulana Ratna. 2018. Penerapan Picture And Picture Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Qur’an Hadits Kelas VII di MTsN 1 Aceh Besar. Skripsi. Banda Aceh : UIN Ar-Raniry
Khan, Ali Shafique. 2005. Filsafat Pendidikan Al-Ghazali. Bandung: Pustaka Setia
Kunandar. 2008. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Pers
Kusnandi. 2017. Model Inovasi Pendidikan Dengan Strategi Implementasi Konsep“Dare To Be Different”. Jurnal Wahana Pendidikan Volume 4 No 1
Majid, Abdul. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya
Manshur, Psikologi Pendidikan, Yogjakarta: Universitas Gajah Mada, 2004.
Mulyasa, E. 2012. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta : Bumi Aksara
Mulyono, Abdurrahman. 1999. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta
Munandar, Utami. 2004. Pengembangan KreatifitasAnak Berbakat. Jakarta: PT Rineka Cipta
Naim, Ngainun. 2009. Rekonstruksi Pendidikan Nasional Membangun Paradigma yang Mencerahkan . Yogyakarta: Teras
Nasution. 1995. Didaktik Asas-Asas Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
Nata, Abuddin. 2004. Manajemen Pendidikan: Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam. Jakarta: Prenada Media
Nata, Abudin. 2011. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana
Nurhadi dkk. 2003. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang
Nurrahmah, Cut. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Picture and Picture dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Tema Hidup Bersih dan Sehat Kelas II MIN 16 Aceh Besar. Skripsi. Banda Aceh : UIN Ar-Raniry
Pemerintah Republik Indonesia. 2009. Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003. Jakarta : Sinar Grafika
Pohan, Rusdin. 2008. Metodelogi Penelitian Pendidikan Cet ke II. Banda Aceh: Arrijal Institute
Purwanto, Ngalim. 2002. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya
Rianto Yatim. 2010. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta : Kencana Prenada Media Group
Rizal, Fahrul. 2013. Penerapan Teori Difusi Inovasi dalam Perubahan Sosial Budaya. Jurnal Hikmah Vol. VI No. 01
Sagala, Syaiful, Konsep dan Makna Pembelajaran, Bandung: Alfabeta, 2005.
Shaleh, Abdul, Muhibbin Abdul Wahab. 2009. Psikologi Suatu Pengantar Dalam Perfektif Islam. Jakarta: Kencana
Sanjaya, Wina. 2009. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana,
Sanjaya, Wina. 2010. Kurikulum dan Pembelajaran: Teori dan Praktik Pengembangan KurikulumTingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana
Sardiman. 2000. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Raja Grafindo Persada
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar Ruzz Media
Suardi, Moh. 2018. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Budi Utama
Sudarsono. 1993. Kamus Filsafat dan Psikologi. Jakarta: Rineka Cipta
Sudjana. 1989. Metode Statistika. Bandung: Tarsito
Sudjana, Nana. 2009. Penelitian Hasil Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya
Sugono, Dendy. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi ke empat, Jakarta: PT Gramedia, Pustaka Utama, 2008.
Suhaida, Abdul Kadir. 2002. Perbandingan Pembelajaran Kooperatif dan Tradisional Terhadap Prestasi, Atribusi Pencapaian, Konsep Kondisi Akademik dan hubungan Sosial Dalam Pendidikan Perakaunan. Malaysia: Universiti Putra Malaysia
Suprijono, Agus. 2009 Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Jakarta: Rineka Cipta
Suprijono, Agus. 2010 Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajaran
-----. 2012. Cooperative Learning. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Surnaya, Mista. 2017. Kontribusi Inovasi Pembelajaran Guru PAI Dan Efektivitas Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Harapan 3 Kec. Deli Tua Kab. Deli Serdang. Jurnal Edu Riligia Vol. 1. No. 2
Surya Subrata, Sumadi. 1995. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Surya, Moh. 1982. Pengajaran Remedial. Jakarta: Ghalia
Syah, Muhibbin. 2000. Psikologi Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya,
Talajan, Guntur. 2012 Menumbuhkan Kreatifitas& Prestasi Guru. Yogyakarta: LaksBang PRESSindo
Tim Penyusun Pusat Bahasa (Mendikbud). 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia Ed. 3, cet. 4. Jakarta: Balai Pustaka,
Tri Anni, Catharina. 2004. Psikologi Belajar. Semarang: IKIP Semarang Press
Trianto. 2008 Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) Di Kelas . Jakarta: Cerdas Pustaka
Uzer Usman, Muhammad. 2000. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya
Waluyo, Edi. 2013. Pengaruh Kreatifitas Guru dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa. Skripsi. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta
Warsah, Idi and Muhamad Uyun. 2021. Kepribadian Pendidik: Telaah Psikologi Islami. Psikis : Jurnal Psikologi Islami Vol 5 No.1
Wijaya, Cece dan Tabrani Rusyan. 1994. Kemampuan Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Nasri Diana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.