PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI ORGAN GERAK HEWAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN 3 TEUPIN RAYA
DOI:
https://doi.org/10.58645/eksperimental.v10i2.216Keywords:
Scientific, learning outcomes, 5th gradeAbstract
This study aims to determine the increase in learning outcomes of fifth grade students at SDN 3 Teupin Raya on the material of animal extremities using a scientific approach. The method used is PTK. The population of this study was the fifth grade students of SDN 3 Teupin Raya in the second semester of the 2020/2021 academic year. The sample in this study consisted of 11 students consisting of 7 male students and 4 female students. The data was collected using lesson plans, LOAS, LOAG, and LKS in 3 cycles. In the first cycle the average value obtained was 67.72 with a percentage of 18.19%. In the second cycle the average value obtained by students was 74.54 with a percentage of 63 .6%. In the third cycle the average value obtained by students is 85.9 with a percentage of 100%. So it can be said that the increase in student learning outcomes obtained a value exceeding the predetermined KKM 75.
References
Ahmad Sudijono. 2009. Pengantar Evaluasi Pendidikan Ed 1. Jakarta : Raja Grafindo Persada
Anas Sudijono. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Raja Grafindo
Asep Ediana Latip. 2013. Pembelajaran Tematik dalam Kajian Teoritik dan Praktik Cet. 1. Jakarta : UIN Press
Asep Ediana Latip. 2013. Pembelajaran Tematik dalam Kajian Teoritik dan Praktik. Jakarta : UIN Press
Beni Ahmad Saebani. 2008. Metode Penelitian. Bandung : Pusaka Setia
Budiono. 2012. Kamus Lengkap Inggis – Indonesia. Jakarta : Bintang Indonesia
Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta : Gava Media
Dedi Sugono. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Keempat. Jakarta: PT Gramedia
Diana Karitas, Fransiska. 2017. Panas dan Perpindahannya Tematik Terpadu Kelas V SD/MI Revisi 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Pembukuaan
Djama’an Satori dan Aan Komariah. 2010. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta
Fidya, dkk. 2018. Pengaruh Penggunan Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Hidrolisis Garam. Jurnal Entropi Vol 13 No 2
Hasbulloh. 2008. Dasar - dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Herawati Susilo. 2009. Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Sarana Pengembangan Keprofesionalan Guru dan Calon Guru Cet. 2, Malang: Bayumedia Publishing,
Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontektual dalam pembelajaran Abad 21. Jakarta: Ghalia
Ida Nulfita. 2014. Implementasi Pendekatan Saintifik Dan Karakter Dalam Pembelajaran Sains Menyongsong Generasi Emas Indonesia. Seminar Nasional Pendidikan Sains IV.
Indriyanti, dkk. 2017 Penerapan Pendektan Saintifik untuk Meningkatkan Ketrampilan Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol. II No II
Kusnandar. 2008. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai Perkembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Press
Lampiran Permendikbud No. 103 Tahun 2014 Tentang Pembelajaran pada Pendidikan Sekolah Dasar Dan Pendidikan Menengah
Muhibbin Syah. 2005. Psikologi Pendidikan. Bandung: Logos Wacana Ilmu
Marjan J, dkk. 2014. Pengaruh Pembelajaran Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Biologi Dan Keterampilan Proses Sains Siswa MA Mua’alimat NW PAncor Selong Kabupaten Lombok Nusa Tenggara Barat. E-journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA Vol 4
Nana Sudjana.2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Refika Aditama
Nana Syaudih Sukmadinata. 2010. Metode Penelitian Tindakan. Bandung: Rosdakarya
P.P.Lestari, dkk. 2014. Analisis Konsepsi dan Perubahan Konseptual Suhu dan Kalor pada Siswa SMA Kelas Unggul. Unnes Physics Education Journal. UPEJ 3 (2).
Rita Oktavia. 2018. Inventerasi Hewan Inveterbrata di Perairan Pasir Putih Lhok Mee Kabupaten Aceh Besar. BIOnatural : Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi Vol 5 No 1
Rusman. 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta : Rajawali Pers
Sajidan. 2014. Pembelajaran Biologi dengan Pendekatan Saintifik pada Implementasi Kurikulum 2013. Seminar Nasional XI Pendidikan Biologi FKIP UNS 2014
Sani, R. A. 2014. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara
Sudjana. 2009. Metode Statistika. Bandung: Tarsito
Sugiono. 2007. Penilaian Hasil Analisis Data Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Alfabeta
Udin Syaifudin dan Abin Syamsuddin. 2007. Perencanaan Pendidikan Suatu Pendekatan Komperehensif. Bandung: Rosdakarya
Ulfi Faizah, dkk. 2013. Enozologi Dalam Pembelajaran Taksonomi Veterbrata di Jurusan Biologi FMIPA UNESA. Proceeding Biology Education Conference Vol 10 No 1
W.J.S. Poerwadaminta. 2003. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka
Yunus Abidin. 2014. Desain Sistem Pembelajaran Dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: Refika Aditama
Zainal Arifin Abbas. 1999. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Medan: Rahmat
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Syarifah Rahmi, Nasri Diana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.