PENERAPAN MODEL NUMBER HEAD TOGETHER PADA MATERI SIKAP KEPAHLAWANAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 PEUKAN PIDIE

Authors

  • Zahrina
  • Nasri Diana

Keywords:

Number Head Together, learning outcomes, 4th grade

Abstract

This study aims to improve student learning outcomes by using the Number Head Together model on Heroic Attitudes in 4th grade of SD Negeri 1 Peukan Pidie. This type of research is classroom action research conducted in 3 cycles. The research subjects were grade IV students, totaling 42 students consisting of 19 boys and 23 girls. Data collection uses the Field Research method with observation and test techniques. Data analysis was carried out qualitatively and quantitatively. Learning outcomes have increased with the acquisition of student scores in the first cycle with an average value of 63.1 with 15 students completing with a percentage of 36%, in the second cycle the average value obtained by students is 68.4 with 22 students completing students with a percentage of 52%, in cycle III the average value obtained by students is 84 with 42 students who complete with a complete percentage of 100%

References

Arikunto, Suharsimi. 2001. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Baskoro, Febri, dkk. 2019. Upaya Peningkatan Aktivitas dan Prestasi Belajar Dengan Model Pembelajaran NHT (Number Head Together) Dilengakapi LKS pada Materi Termokimia Siswa Kelas IX IPA-3 SMA Negeri 6 Surakarta, Jurnal Pendidikan Kimia. Vol 2, No 2

Dadri, P. C. W, dkk, 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Gugus III Mengwi, PENDASI : Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia. Vol 3, No 2

Hamalik, Oemar. 2004. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta: Bumi Aksara

Ibrahim, dkk. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University Press

Istarani. 2014.58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada

Kusnandar. 2008. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Press

Kusumah, Wijaya, dan Dedi Dwitagama, 2011. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas, Ed. 2. Jakarta: Indeks

Komalasari, Kokom. 2010. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama

Mulyana, Mutia Agisni, dkk. 2016. Penerapan Model Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kenampakan Alam Dan Sosial Budaya, Jurnal Pena Ilmiah. Vol 1, No 1

Paizaluddin dan Ermalinda. 2013. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Alfabeta

Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Kamus Besar Bahasa Indonesia Jakarta: Balai Pustaka

Pohan, Rusdin. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan., Banda Aceh: Arrijal Institute

Rusman. 2009. Manajemen Kurikulum, Jakarta: Raja Grafindo Persada,

Setiyowati, Linggar. 2020. Penerapan Model Number Head Together (NHT) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Sekolah Dasar. Diniyah : Jurnal Pendidikan Dasar. Vol 1, No 1

Siregar, Faridah Anum. 2012. Pengaruh Model Kooperatif Tipe NHT Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 18 Medan. Jurnal Pendidikan Fisika. Vol 1, No 1

Sudjana, 1989. Metode Statistika. Bandung: Tarsito

Sudjana, Nana. 2006. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: Remaja Rosda Karya,

Sugiyono, 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Suprijono, Agus. 2010. Cooperative Learning: Teori & Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Surya, Yenni Fitra. 2018. Penerapan Model Number Head Together untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Kelas IV SD. Jurnal Basicedu. Vol 2, No 1

Syah, Muhibbin. 2012. Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Tarigan, Daitin. 2014. Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Make A Match Pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas V SDN 050687 Sawit Seberang. Kreano : Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif. Vol 5, No 1

Tim Penulis. 2016. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (Tema 5 Pahlawanku). Jakarta: Kemendikbud

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana

Trisianawati, Eka, dkk. 2018. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Siswa. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika. Vol 6, No 3

Undang-undang RI. 2003. No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Aneka Ilmu

W.J.S, Poerwadarminta. 2007. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Downloads

Published

2024-08-27

Issue

Section

Articles