PENERAPAN MODEL CIRC PADA MATERI MEMBACA PANTUN UNTUK MENINGKATKAN HA3SIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI NICAH

Authors

  • Abdul Manaf
  • Nurul Aida Fitri

Keywords:

CIRC model, reading, learning outcomes

Abstract

This study aims to determine how to apply the CIRC model and improve the learning outcomes of 5th grade students at SD Negeri Nicah. The research design used is Classroom Action Research (CAR). The subjects of this study were 5th grade students of SD Negeri Nicah, totaling 34 students consisting of 13 male students and 21 female students. Data collection in the study was carried out by observation, tests, and documentation. The average value of student learning outcomes in cycle I was 59.41 with a percentage of 32.35%. In cycle II, it had started to increase with an average value of 68.52 with a percentage of 58.82%. Furthermore, in cycle III it increased again with an average value of 80.88 with a percentage of 100%.

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi VI. Jakarta: Rineka Cipta.

Badudu, J.S dan Zain, Sutan Mohammad. 2006. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Daryanto. 2010. Media Pembelajaran: Peranannya Sangat Penting dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Gantini, Pipit. 2017. Penilaian Hasil Belajar. Jakarta: Persada.

Hamalik. 2018. Model Pembelajaran. Bogor: Pustaka Insan Madani.

Hardani, dkk. 2020. Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Ilmu.

Hoetomo. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Mitra Pelajar.

Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Konseptual dalam Pembelajaran Abad 2. Bogor: Ghalia Indonesia.

Huda. 2015. Ilmu Bagi Pendidik. Bandung: Acarya Media Utama.

Huda, Miftahul. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Iskandar. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jambi: Gaung Persada Press.

Iskandarwasid dan Dadang Sunendar. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Juanda, Anda. 2016. Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Yogyakarta: Deepublish.

KemenDikBudJaka RI. 2017. Sehat Itu Penting, Buku tematik Terpadu, Tema 4, Jakarta: KemenDikBud RI.

Kosilah, Septian. 2020. Penerapan Pembelajaran kooperatif Tipe Assure Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Penelitian. Vol. 6 No. 1

Kurniasih, Dewi dkk. 2019. Teknik Analisa. Bandung: ALFABETA.

Liani Niliawati, dkk. 2018. Penerapan Metode Cooperative Learning Tipe Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol. III No. I

Lestari. 2015. Model Pembelajaran CIRC di Sekolah Dasar. Bandung: Alfabeta.

Mu’alimin, Rahmat Arofah. 2014. Penelitian Tindakan Kelas Teori dan Praktik. Pasuruan: Gading Pustaka.

Niliawati, Liani, dkk. 2018. Penerapan Metode CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition) Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol. 3 No. 1

Nur, Muhammad. 2011. Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah. Surabaya : Pusat Sains dan Matematika Sekolah UNESA

Permata, Sri Indah. 2016. Media Kreatif, Siswa Menjadi Aktif. Bandung: Acarya Media Utama.

Priadana, Sidik. 2017. Prosedur Penelitian Pendidikan. Bandung: Insan Mandiri.

Priatna, Tedi. 2017. Prosedur Penelitian Pendidikan. Bandung: Insan Mandiri.

Purwanto. 2018. Penyusunan Instrumen. Magelang: Staia Press.

Purwanto. 2020. Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Ilmu.

Purnamasari, Wilis Indah. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC Terhadap Kemampuan Menemukan Kalimat Utama dalam Paragraf pada Siswa Kelas IV SDN Blimbing Dan Kalirong 2 Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Guru PGSD. Universitas Negeri Jakarta, imki-Pedagogia Vol. 01 No. 02.

Roetiyah. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Sari, Sutrisna. 2013. Gemar Membaca Pantun. Jakarta: Persada.

Sandu Siyoto, Ali Sodik. 2015. Dasar Metodologi Penelitian. Kediri: Literasi Media Publishing.

Sanjaya, Wina. 2010. Penelitian Tindakan Kelas Edisi Pertama Cet. Ke-2. Jakarta: Kencana Predana Media Group.

Setiawan. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Persada.

Slavin, Robert E. 2005. Cooperative Learning : Theory, research and Practice. London : Allymand Bacon

----- . 2010. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung : Nusa Media

----- . 2013. Model Pembelajaran Bagi Peserta didik. Jakarta: Persada.

Suhana, Cucu. 2014. Konsep Strategi Pembelajaran Edisi Revisi. Bandung: Reflika Aditama.

Supangat. 2020. Penerapan Model Pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition) Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Dan Menulis Siswa Pada Mata Pelajaran Kitab Kuning Di Pondok Pesantren Nurul Huda Sukarajan. Jurnal Pendidikan Islam Al I‟tibar.Vol.2 No.1

Supriyono, Agus. 2009. Cooperative Learning Teori & Aplikasi PAIKEM. Surabaya: Pustaka Pelajar.

Susilo, Hera. 2019. Penelitian Tindakan Kelas, Cet III, (Malang: Bayu Media Publishing.

Sutarno ah, Rohendi D dan Nopiyanti. 2010. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbasis Multimedia dalam Meningkatkan HAsil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Vol 3 No 1

Suyanto. 2015. Menuju Siswa Aktif dan Kreatif. Bandung: Media Utama.

Taniredja, Tukiran, dkk. 2011. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Bandung: Alfabeta.

Tarisa. 2015. Kurikulum dan Model Pembelajaran. Surabaya: Karya Pustaka.

Terbuka, Universitas. 2019. Evaluasi Hasil Belajar. Bandung: Alfabeta.

Uno, Hamzah B dan Muhammad Nurdin. 2011. Belajar dengan Pendekatan PAIKEM. Jakarta : Bumi Aksara

Yudasmini. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) Terhadap Minat Baca dan Kemampuan Memahami Bacaan pada Siswa Kelas VI di Sekolah Dasar Gugus Buruan. Jurnal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha,. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta. Vol. 05 No. 01.

Zaura, Siti. 2018. Penerapan Metode Cooperative Learning Tipe Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan. Vol. 3 No. 1

Downloads

Published

2024-08-27

Issue

Section

Articles