PENERAPAN MODEL SCRAMBLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MIN 16 PIDIE

Authors

  • Syarifah Rahmi

Keywords:

scramble model, learning outcomes, 4th grade

Abstract

This study aims to determine the process of improving student learning outcomes through the scramble learning model in 4th grade students. The research design used is the type of Classroom Action Research (CAR) with the Kemmis and Mc. Tanggart model. The subjects in this study were 8 of 4th grade students consisting of 5 females and 3 males. Data collection in the study was carried out through observation, tests, and documentation. The application of the scramble model began with the distribution of question cards and answer cards. The results of the student learning research in cycle I obtained 25% of students who completed learning with an average score of 55. In cycle II it became 65.50% with an average score of 73.13, and increased in cycle III to 87.50% with an average score of 81.87. It can be concluded that the application of the scramble learning model can improve the learning outcomes of 4th grade

References

Abimanyu dkk. 2008. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Anggraini, A.N dan Suprayitno. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Lengkong 1 Mojokerto. e-Journal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5 (3), hal. 990-999.

Apipah, Salisatul dan Siti Nurcholifah. 2016. Pembelajaran Scramble Dengan Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Himpunan. Seminar Nasional Matematika X. 403-410. Semarang : Universitas Negeri Semarang

Arifin, Zainal. 1999. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Medan : Rahmat

Arikunto, Suharsimi dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : BumiAksara

Deviana, N.L.N, dkk. 2017. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Berbantuan Bahan Manipulatif berpengaruh terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika. Journal of Education Technology, 1 (2), 133-140.

Dimyati. 2013. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Reneka Cipta

Elfanany, Burhan. 2013. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta : Araska

Fahyuni, E.F. dan Istikomah. 2016. Psikologi Belajar & Mengajar. Sidoarjo : Nizamia Learning Center

Gozali dan Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program. Semarang: Universitas Diponegoro

Guntur, Henry . 2004. Berbicara Suatu Keterampilan Berbicara. Bandung: Angkasa

Hamalik, Oemar. 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Handini, Gian. 2020. Model Pembelajaran Scramble Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Kelas V SD N 2 Palembang. e-Journal Inovasi Sekolah Dasar, 7 (2), 1-15. E-ISSN 2685-6433 P-ISSN: 2355-7346. https://doi.org/10.36706/jisd.v7i2.13250

Huda, M. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta : Pustaka Belajar

Kertiari, L.P, G, dkk. 2020. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Berbantuan Media Kartu Gambar Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar IPA. JP2 : Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 3 (3), 335-347. P-ISSN : 2614-3909 E-ISSN : 2614-3895

Koentjaraningrat. 2009. Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: Rineka Cipta

Komalasari, Kokom. 2013. Pembelajaran Kontekstual: Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Adiatama

Kunandar. 2011. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Sebagai Pengembangan Profesi Pendidik. Jakarta: Rajawali Pers

Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru. Jakarta: Kata Pena

Kurniasih, I dan B.S. 2014. Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013. Yogyakarta: Kata Pena

Kustiyati, Nurul. 2011. Penerapan Model Pembelajaran Tipe Scramble Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika Siswa Kelas XI Teknik Kendaraan Ringan D (TKR D) SMK N 2 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2011/2012. Konferensi Nasional Penelitian Matematika Dan Pembelajarannya (KNPMI). Surakarta : Universitas Muhammadiyah

Kusumah, Wijaya, dan Dedi Dwitagama, 2011. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas, Ed. 2. Jakarta: Indeks

Ngalimun. 2014. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo

Poerwadarminta, W.J.S. 1999. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Purwanto, M.Ngalim. 2002. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya

Putri, N.P.S, dkk. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Scramble Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP N 13 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 3 (2), 172-179. E-ISSN 2581-2553X. https://doi.org/10.33369/jp2ms.3.2.172-179

Qudsi FT, Istianah. 2017. Meningkatkan Aktivitas Belajar Fisika dengan “MOSCRA”. Jurnal Guru Dikmen, 2 (1)

Salim, Peter dkk. 2002. Kamus Bahasa Indonesia Kontemporer. Jakarta: Modern English Perss

Saridewi, N. P., & Kusmariyatni, N. N. 2017. Penerapan Model Scramble Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fiqih Siswa Kelas IV SD No 3 Legian. Journal of Education Action Research. 1 (3), 230–239. E-ISSN : 2549-3272. https://doi.org/10.23887/jear.v1i3.12687

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Bandung: Ar Ruzz Media

Slameto. 2000. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Sudarmi & Burhanuddin. 2017. Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Dalam Keterampilan Menulis Kalimat Bahasa Jerman Siswa Kelas XI SMA Negeri 11 Makasar. Eralingua : Jurnal Pendidikan Bahasa Asing Dan Sastra, 1 (1), 72-79 https://doi.org/10.26858/eralingua.v1i1.2991

Sudjana, Nana dan Ibrahim. 2009. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algesindo

Sudjana, Nana. 2006. Penilaian Hasil Belajar. Bandung: Remaja Rosdakarya

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Menhods). Bandung: Alfabeta

----- . 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan Pengembangan. Bandung: Alfabeta

Susilo, Heru. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Malang: Bayu Media Publishing

Syah, Muhibbin. 2017. Psikologi Pendidikan. Depok: Rajawali Pers

Tanjung, R. 2020. Meningkatkan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Scramble Siswa Kelas V SD Pudun Jae Pada Materi Keanekaragaman Suku Bangsa Dan Budaya Indonesia. Forum Paedagogik, 11(1), 132-148. https://doi.org/10.24952/paedagogik.v12i1.2606

Tanzeh, Ahmad. 2009.Pengantar Metode Penelitian. Yogyakarta:Teras

Tim Penyusun Pusat Bahasa (Mendikbud). 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Usman, Muhammad Uzer. 2000. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya

Usman, Nurdin. 2002. Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum. Bandung: Sinar Baru

Downloads

Published

2024-12-24 — Updated on 2024-06-30

Versions

Issue

Section

Articles