PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN KOGNITIF SISWA KELAS V SDN LUENG TAHE

Authors

  • Gusti Handayani

Keywords:

quantum teaching model, cognitive, 5th grade students

Abstract

This study aims to determine the cognitive improvement of 5th grade students after implementing the quantum teaching model. The research design used is the Classroom Action Research (CAR) type. The subjects in this study were 29 of 5th grade students consisting of 12 female students and 17 male students. Data collection was carried out by observation, field notes and tests. The results of the study in cycle I, the average science score was 47.24, the social studies score was 48.45. In cycle II, the science score was 59.48, the social studies score was 65.34. In cycle III, the science score was 83.45 while the social studies score was 83.10. It can be concluded that the application of the quantum teaching model can improve the cognitive of 5th grade students

References

Arikunto, Suharsimi. 2008. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Ayu, Mariam, dan Erdi Guna Utama. 2023. Pengaruh Model Quantum Teaching And Learning Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas V Pada Materi Volume Bangun Ruang di SDN 26 Singkawang. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8 (3), 610-627. P-ISSN : 2477-2143 E-ISSN : 2548-6950

Badar, Trianto Ibnu. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif. Progresif. dan Kontektual. Jakarta: Prenadamedia

Badrus, Zaman. 2020. Quantum Teaching dan Aplikasinya dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Studi Keislaman, 6 (2), 180-196

Badudu dan Sutan Mohammad Zain. 2011. Efektifitas Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Baroroh, H.F, dkk. 2017. Model Quantum Teaching dengan Media Flash dalam Pembelajaran Fisika di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 6 (4), 371-375

Daryanto. 1997. Kamus Besar Bahasa Indonesia Lengkap. Surabaya: Apolo

DePorter, Bobbi, dkk. 2005. Quantum Teaching. Bandung: Kaifa

----- . 2010. Quantum Teaching Mempraktikkan Quantum Learning Di Ruang-ruang Kelas. Tterjemahan Ary Nilandari). Bandung : Kaifa

Dimyati, Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Fitri, R. A, dkk. 2021. Pengaruh Model Quantum Teaching Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5 (1), 88-101. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.570

Hamalik, Oemar. 2007. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Hamruni. 2012. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Madani

Ikmal, Hepi. 2018. Pengembangan Kurikulum: Teori dan Aplikasi. Lamongan: Pustaka Ilalang

Indrawati, Y.T, dkk. 2021. Model Pembelajaran Quantum Teaching Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. PROFETIK : Jurnal Mahasiswa Pendidikan Agama Islam, 2 (1), 24-30. P-ISSN : 2747-2523 E-ISSN : 2747-2531

Indrayani, K.A.A. dkk. 2019. Pengaruh Model Quantum Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar IPA Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia JPPSI. 1 (1), 1-11. ISSN: 2623-0852. https://doi.org/10.23887/jppsi.v2i1.17218

Juned, M. 2021. Penerapan Model Quantum Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika di SMP Negeri 1 Kecamatan Deli Tua Kabupaten Deli Serdang. Cybernetics : Journal Educational Research And Social Studies, 2 (3), 45-54

Khasanah, O.U, dkk. 2022. Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Tematik Melalui Model Pembelajaran Quantum Teaching Dengan Media Power Point Interaktif Pada Siswa Kelas III SD Negeri Geneng 2 Magelang. Trihayu : Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 8 (2), 1339-1350

Kunandar. 2008. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Pers

Miati, Dewi Saroh, dkk. 2012. Penggunaan Model Pembelajaran Quantum Teaching dalam Peningkatan Pembelajaran IPA Siswa Kelas V SDN 4 Pandansari Tahun Ajaran 2012/2013. Tesis. Surakarta : Universitas Sebelas Maret

Moleong, Lexy. J,. 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Mulyadi. 2010. Evaluasi Pendidikan Pengembangan Model Evaluasi Pendidikan Agama di Sekolah. Malang: UI Maliki Press

Muslich, Masnur. 2012. Melaksanakan PTK itu Mudah. Jakarta: Bumi Aksara

Mustakim, A, dkk. 2023. Quantum Teaching Model : Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa MTs. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 1 (1), 6-10. https://doi.org/10.61650/jptk.v1i1.54

Nahar, S, dkk. 2022. Improving Students’ Collaboration Thinking Skill under The Implementation Of The Quantum Teaching Model. International Journal of Instruction, 15 (3). https://doi.org/10.29333/iji.2022.15325a

Narbuko, Cholid dan Abu Achmadi. 2004. Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara

Nasution. 2008. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar & Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Nugroho, Riant. 2014. Public Policy. Jakarta: Elex Media Komputindo

Nursalam, M, dkk. 2021. Efektifitas Model Quantum Teaching Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IIIB SD Negeri 188 Pekanbaru. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan (Tunjuk Ajar), 2 (2), 134-147. http://dx.doi.org/10.31258/jta.v2i2

Paizaluddin, Ermalinda. 2013. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Alfabeta

Pratama Fidya Arie. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching Melalui Strategi Tandur Untuk Meningkatkan Kompetensi Kognitif Siswa. Jurnal Ilmiah Edukasi. 6 (1). hal. 183. ISSN: 2580-8818

Prasetya, R. 2019. Penerapan Model Quantum Teaching Berbantuan Media Audio-Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, Vol 1, 1350-1364

Pujilestari, R, dkk. 2022. Pengaruh Metode Pembelajaran Quantum Teaching terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Pada Materi Energi Dan Perubahannya. Orbita : Jurnal Hasil Kajian, Inovasi, Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 8 (2), 299-306

Putri, E.L.D, dkk. 2021. Model Pembelajaran Quantum Teaching terhadap Hasil Belajar Terpadu Siswa Muatan IPA di Sekolah Dasar. Journal For Lesson And Learning Studies, 4 (2), 255-263

Riyanto, Y. 2012. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta : RInneka Cipta

Romadhoni, M.F & Relmasira, S.C. 2018. Perbedaan Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay dan Quantum Learning Dilihat Dari Hasil Belajar Matematika Kelas 3 SD. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8 (1), 993-104

Sanjaya, Wina. 2016. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Prenadamedia Group

Sari, Y.Y. 2020. Pengaruh Model Quantum Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Sikap Sosial Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VIII SMP Taman Siswa Teluk Betung. Disertasi. Lampung : UIN Raden Intan

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Sianturi, Canni Loren dan Emilia Girsang. 2022. Quantum Teaching Tipe TANDUR (Tumbuhkan, Alami, Namai, Demonstrasikan, Ulangi dan Rayakan). Jawa Barat : Rumah Cemerlang

Sudijono, Anas. 2009. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif. Kualitatif. dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sukardi. 2011. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya

Supramono, A. 2016. Pengaruh Model Quantum (Quantum Teaching) terhadap Hasil Belajar IPA Kelas III SD YPS Lawewu Kecamatan Nuha Kabupaten Luwu Timur. Jurnal Nalar Pendidikan, 4 (2), 78-86

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group

Suyantini, Ni Luh. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IX E Semester Ganjil SMP Negeri 2 Kubu Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal IKA, 17 (1), 69-79. ISSN: 1829-5282

Trianto. 2010. Pengantar Penelitian Pendidikan Bagi Pengembangan Profesi Pendidikan dan Tenaga Pendidikan. Jakarta: Kencana

Wena. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara

Yahya, H. 2017. Pengaruh Penerapan Model Quantum Learning terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMS Islam Terpadu Al-fityan Gowa. Jurnal Biotek, 5 (1), 155-166

Yaseer, A. 2014. Learning Quantum Teaching Model With Atong Approach School Program Of Integrated Valid To Improve Character and Critical Thinking In Probability Material. International Conference on Mathematics, Science, and Education, 5 (2), 85-91

Yuberti. 2014. Suatu Pendekatan Pembelajaran; Quantum Teaching. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 3 (1), 1-19. doi:10.24042/jpifalbiruni.v3i1.61.

Vitriani, D, dkk. 2023. Penerapan Quantum Teaching Dalam Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD . Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10 (4), 884–898. https://doi.org/10.38048/jipcb.v10i4.1806

Downloads

Published

2024-06-30

Issue

Section

Articles