PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN KOGNITIF SISWA KELAS V SDN LUENG TAHE
Keywords:
quantum teaching model, cognitive, 5th grade studentsAbstract
This study aims to determine the cognitive improvement of 5th grade students after implementing the quantum teaching model. The research design used is the Classroom Action Research (CAR) type. The subjects in this study were 29 of 5th grade students consisting of 12 female students and 17 male students. Data collection was carried out by observation, field notes and tests. The results of the study in cycle I, the average science score was 47.24, the social studies score was 48.45. In cycle II, the science score was 59.48, the social studies score was 65.34. In cycle III, the science score was 83.45 while the social studies score was 83.10. It can be concluded that the application of the quantum teaching model can improve the cognitive of 5th grade students
References
Arikunto, Suharsimi. 2008. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Ayu, Mariam, dan Erdi Guna Utama. 2023. Pengaruh Model Quantum Teaching And Learning Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas V Pada Materi Volume Bangun Ruang di SDN 26 Singkawang. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8 (3), 610-627. P-ISSN : 2477-2143 E-ISSN : 2548-6950
Badar, Trianto Ibnu. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif. Progresif. dan Kontektual. Jakarta: Prenadamedia
Badrus, Zaman. 2020. Quantum Teaching dan Aplikasinya dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Studi Keislaman, 6 (2), 180-196
Badudu dan Sutan Mohammad Zain. 2011. Efektifitas Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
Baroroh, H.F, dkk. 2017. Model Quantum Teaching dengan Media Flash dalam Pembelajaran Fisika di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 6 (4), 371-375
Daryanto. 1997. Kamus Besar Bahasa Indonesia Lengkap. Surabaya: Apolo
DePorter, Bobbi, dkk. 2005. Quantum Teaching. Bandung: Kaifa
----- . 2010. Quantum Teaching Mempraktikkan Quantum Learning Di Ruang-ruang Kelas. Tterjemahan Ary Nilandari). Bandung : Kaifa
Dimyati, Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Fitri, R. A, dkk. 2021. Pengaruh Model Quantum Teaching Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5 (1), 88-101. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.570
Hamalik, Oemar. 2007. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
Hamruni. 2012. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Madani
Ikmal, Hepi. 2018. Pengembangan Kurikulum: Teori dan Aplikasi. Lamongan: Pustaka Ilalang
Indrawati, Y.T, dkk. 2021. Model Pembelajaran Quantum Teaching Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. PROFETIK : Jurnal Mahasiswa Pendidikan Agama Islam, 2 (1), 24-30. P-ISSN : 2747-2523 E-ISSN : 2747-2531
Indrayani, K.A.A. dkk. 2019. Pengaruh Model Quantum Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar IPA Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia JPPSI. 1 (1), 1-11. ISSN: 2623-0852. https://doi.org/10.23887/jppsi.v2i1.17218
Juned, M. 2021. Penerapan Model Quantum Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika di SMP Negeri 1 Kecamatan Deli Tua Kabupaten Deli Serdang. Cybernetics : Journal Educational Research And Social Studies, 2 (3), 45-54
Khasanah, O.U, dkk. 2022. Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Tematik Melalui Model Pembelajaran Quantum Teaching Dengan Media Power Point Interaktif Pada Siswa Kelas III SD Negeri Geneng 2 Magelang. Trihayu : Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 8 (2), 1339-1350
Kunandar. 2008. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Pers
Miati, Dewi Saroh, dkk. 2012. Penggunaan Model Pembelajaran Quantum Teaching dalam Peningkatan Pembelajaran IPA Siswa Kelas V SDN 4 Pandansari Tahun Ajaran 2012/2013. Tesis. Surakarta : Universitas Sebelas Maret
Moleong, Lexy. J,. 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya
Mulyadi. 2010. Evaluasi Pendidikan Pengembangan Model Evaluasi Pendidikan Agama di Sekolah. Malang: UI Maliki Press
Muslich, Masnur. 2012. Melaksanakan PTK itu Mudah. Jakarta: Bumi Aksara
Mustakim, A, dkk. 2023. Quantum Teaching Model : Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa MTs. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 1 (1), 6-10. https://doi.org/10.61650/jptk.v1i1.54
Nahar, S, dkk. 2022. Improving Students’ Collaboration Thinking Skill under The Implementation Of The Quantum Teaching Model. International Journal of Instruction, 15 (3). https://doi.org/10.29333/iji.2022.15325a
Narbuko, Cholid dan Abu Achmadi. 2004. Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara
Nasution. 2008. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar & Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
Nugroho, Riant. 2014. Public Policy. Jakarta: Elex Media Komputindo
Nursalam, M, dkk. 2021. Efektifitas Model Quantum Teaching Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IIIB SD Negeri 188 Pekanbaru. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan (Tunjuk Ajar), 2 (2), 134-147. http://dx.doi.org/10.31258/jta.v2i2
Paizaluddin, Ermalinda. 2013. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Alfabeta
Pratama Fidya Arie. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching Melalui Strategi Tandur Untuk Meningkatkan Kompetensi Kognitif Siswa. Jurnal Ilmiah Edukasi. 6 (1). hal. 183. ISSN: 2580-8818
Prasetya, R. 2019. Penerapan Model Quantum Teaching Berbantuan Media Audio-Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, Vol 1, 1350-1364
Pujilestari, R, dkk. 2022. Pengaruh Metode Pembelajaran Quantum Teaching terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Pada Materi Energi Dan Perubahannya. Orbita : Jurnal Hasil Kajian, Inovasi, Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 8 (2), 299-306
Putri, E.L.D, dkk. 2021. Model Pembelajaran Quantum Teaching terhadap Hasil Belajar Terpadu Siswa Muatan IPA di Sekolah Dasar. Journal For Lesson And Learning Studies, 4 (2), 255-263
Riyanto, Y. 2012. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta : RInneka Cipta
Romadhoni, M.F & Relmasira, S.C. 2018. Perbedaan Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay dan Quantum Learning Dilihat Dari Hasil Belajar Matematika Kelas 3 SD. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8 (1), 993-104
Sanjaya, Wina. 2016. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Prenadamedia Group
Sari, Y.Y. 2020. Pengaruh Model Quantum Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Sikap Sosial Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VIII SMP Taman Siswa Teluk Betung. Disertasi. Lampung : UIN Raden Intan
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Sianturi, Canni Loren dan Emilia Girsang. 2022. Quantum Teaching Tipe TANDUR (Tumbuhkan, Alami, Namai, Demonstrasikan, Ulangi dan Rayakan). Jawa Barat : Rumah Cemerlang
Sudijono, Anas. 2009. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif. Kualitatif. dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sukardi. 2011. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya
Supramono, A. 2016. Pengaruh Model Quantum (Quantum Teaching) terhadap Hasil Belajar IPA Kelas III SD YPS Lawewu Kecamatan Nuha Kabupaten Luwu Timur. Jurnal Nalar Pendidikan, 4 (2), 78-86
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group
Suyantini, Ni Luh. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IX E Semester Ganjil SMP Negeri 2 Kubu Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal IKA, 17 (1), 69-79. ISSN: 1829-5282
Trianto. 2010. Pengantar Penelitian Pendidikan Bagi Pengembangan Profesi Pendidikan dan Tenaga Pendidikan. Jakarta: Kencana
Wena. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara
Yahya, H. 2017. Pengaruh Penerapan Model Quantum Learning terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMS Islam Terpadu Al-fityan Gowa. Jurnal Biotek, 5 (1), 155-166
Yaseer, A. 2014. Learning Quantum Teaching Model With Atong Approach School Program Of Integrated Valid To Improve Character and Critical Thinking In Probability Material. International Conference on Mathematics, Science, and Education, 5 (2), 85-91
Yuberti. 2014. Suatu Pendekatan Pembelajaran; Quantum Teaching. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 3 (1), 1-19. doi:10.24042/jpifalbiruni.v3i1.61.
Vitriani, D, dkk. 2023. Penerapan Quantum Teaching Dalam Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD . Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10 (4), 884–898. https://doi.org/10.38048/jipcb.v10i4.1806
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Gusti Handayani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.