PENERAPAN MODEL MARKET PLACE UNTUK MENINGKATKAN KOGNITIF SISWA KELAS IV SDN 4 SIGLI
Keywords:
Market Place, Cognitive, 4th GradeAbstract
This study aims to determine the application of the market place model can improve the cognitive learning of 4th grade students. The type of research used is Classroom Action Research (CAR). The subjects in this study were 16 of 4th grade students. Data collection techniques were carried out using observation sheets and test questions. The results of the study showed that in cycle I the average value obtained by students was 58 with a percentage of values above the KKM of 33%. In cycle II students obtained an average value of 81.2 with a percentage of values above the KKM reaching 89%. So it can be concluded that the application of the market place model can improve students' cognitive.
References
Afifah, I. N, dkk. 2020. Pengaruh Model Market Place Activity (MPA) Berbantuan Poster Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V SD IT At-Taufiq Al-Islamy Pada Tema 6 Subtema 1 Muatan IPA. Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar, 3(1), 93-106. P-ISSN: 2615-1391 E-ISSN: 2620-3219. http://dx.doi.org/10.33603/v3i1.3278
Akbar, Sa’dun, 2008. Penelitian Tindakan Kelas/Filosofi, Metodelogi dan Implementasinya. Malang: Surya Pena Gemilang
Arikunto, Suharsimi, 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi VI. Jakarta: Rineka Cipta
Asmuni, 2018. Penerapan Model Pembelajaran Market Place Activity Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Siswa Kelas XI Ms-1 SMA Negeri 1 Selong. Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 8 (1), 59-66. https://doi.org/10.18592/jtipai.v8i1.2158
Asyafah, Abas, 2007. Menimbang Model Pembelajaran (Kajian Teoretis-Kritis, Atas Model Pembelahjaran Dalam Pendidikan Islam). Aksara
Ayunita, Dian N.N Dewi, 2018. Modul Uji Validitas dan Reliabilitas. Diponegoro: Universitas Dipenogoro
Baidowi, Achmad. 2019. Penerapan Model Market Place Activity (MPA) Untuk Meningkatkan Keterampilan Abad 21 Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Teknologi Dasar Otomatif Kelas X TKR 1 SMK Negeri 1 Kediri. JPTM, 8 (1), 1-12
Burhanudin, Undang and Feny Yatmasari, 2017. Tanggapan Siswa Terhadap Penerapan Metode Market Place Activity Hubungannya Dengan Hasil Belajar Pada Pelajaran Pendidikan Agama Islam Materi Fiqih Pokok Bahasan Pengelolaan Wakaf. Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal 2, No 1, 1–10
Cholid dan Narbuko dan H.Abu Achmadi, 2007. Metodologi Penelitian, Cet ke-8. Jakarta: Rhineka Cipta
Darma, Budi. 2021. Statistika Penelitian Menggunakan SPSS. DKI Jakarta: Guepedia
Evita, E., Syahid, A., & Nurdin, N. 2019. Understanding Students’ Learning Outcomes Differences Through the Application of the Market Place Activity Type of Cooperative Learning Model and the Application of Conventional Learning Models. International. Journal of Contemporary Islamic Education, 1(1), 67–85.
Irawan, Adi & Lian. G. O. 2022. Penerapan Metode Market Place dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Hidup Lapang Dengan Berbagi Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Al-Muhtarif: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1 (1), 1-19.
Irwan, 2017. Penerapan Model Pembelajaran Market Place Berbantuan Internet Dalam Meningkatkan Hasil Belajar PAI Kelas VIII SMPN 3 Lembang Kab. Pinrang. Al-Islah, 15 (1), 55-67. https://doi.org/10.35905/alishlah.v15i1.560
Jakfar, Munji, 2018. Upaya Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik pada Pembelajaran Fikih melalui Model Market Place Activity di MAN 3 Kulon Progo. Jurnal Pendidikan Madrasah, 3 (1), 103-114. P-ISSN: 2527-4287 E-ISSN: 2527-6794. . https://doi.org/10.14421/jpm.2018.31-09
K.Yin, Robert, 1997. Studi Kasus: Desain & Metode. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Kamaruddin, dkk. Pengaruh Model Pembelajaran Market Place terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V UPTD SD Negeri 55 Parepare. Journal of Health, Education, Economics, Science, and Technology (J-HEST), 6 (2), 206-213. E-ISSN : 2685-1792
Kasbolah, Kasihani, 1999. Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Jakarta: Depdikbud
Kurnianto, Rido, 2009. Penelitian Tindakan Kelas/Edisi Pertama, Surabaya: Lapis PGMI
Latief, Mohammad Adnan. 2010. Tanya Jawab Metode Penelitian Pembelajaran Bahasa. Malang: UM Press
Muhibbinsyah, 2010. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru, Edisi Revisi, cet.XV, Bandung: Remaja Rosda Karya.
Murdionio. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Market Place Activity pada Materi Kingdom Protista terhadap Hasil Belajar Di Kelas X SMAN 3 Gowa. Skripsi. Makassar : UIN Alauddin
Muslich, Masnur, 2009. Melaksanakan PTK Itu Mudah. Jakarta: Bumi Aksara
Nurjanah, Dedeh, dkk. 2023. Penggunaan Model Pembelajaran Market Place Aktivity Dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa Pada Pelajaran PAI. Jurnal Al-Mau’izhoh, 5 (2), 296-307. E-ISSN 2684-9410
Puspita, E.D. 2024. Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Market Place Activity terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di Madrasah Ibtidaiyah. JRPD : Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 5 (2), 285-297. P-ISSN 2798-6365 E-ISSN 2723-8660. http://dx.doi.org/10.30595/jrpd.v5i2.23234
Suharto, 2018. Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Market Place Aktivity Pada Siswa Kelas VI Semester I SD Negeri Kertaharja 03. Dialektika Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Dasar, 8(2). 1-13. ISSN: 2089-3876. https://doi.org/10.58436/jdpgsd.v8i2.298
Sanjaya, Wina, 2016. Penelitian Tindakan Kelas. Prenada Media
Sari, A, dkk. 2021. Model Pembelajaran Market Place Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Biologi. Jurnal Biotek, 9 (1), 196-209. P-ISSN: 2581-1827 E-ISSN: 2354-9106. https://doi.org/10.24252/jb.v9i2.23636
Setyosari, Punaji, 2010. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Prenada Media Group.
Silberman, Melvin L. 2006. Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung : Nusamedia
Sofyan, Edy & Santy Virgantyani. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Market Place Terhadap Perestasi Belajar Siswa di SMP PGRI 1 Kota Cimahi. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI), 4 (2)
Sopiyah. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Market Place Activity pada Materi Ajar Perkembangbiakan. Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter (JIPK), 4 (3), 1-9. E-ISSN 2541-0393 P-ISSN 2541-0385
Sudjana, Nana, 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya
Susilo, Herawati dkk, 2011. Penelitian Tindakan Kelas, Malang: Bayumedia Publishing
Tangahu, Susanti dan Rahmawati Caco. 2022. Penerapan Model Pembelajaran Market Place Dalam Meningkatkan Hasil Belajar pada Materi Jujur Amanah dan Istiqomah. Al-Mihnah : Jurnal Pendidikan Islam dan Keguruan, 1 (1), 155-165
Tuken, R, dkk. 2024. Penerapan Model Pembelajaran Market Place untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Muatan PPKN Di Kelas V Madrasah Ibtidaiyah DDI Kota Parepare. JUARA SD : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3 (3), 334-346
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Zahrina
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.