PENERAPAN MEDIA PERMAINAN BLOCK DIENES PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS II SDN 5 SIGLI
Keywords:
Block Dienes game media, learning outcomes, addition and subtractionAbstract
The purpose of this study was to determine how the application of Block Dienes game media on addition and subtraction concept can improve the learning outcomes of 2nd grade students of SDN 5 Sigli. The research method used is Classroom Action Research (CAR) with Kemmis and McTaggart model design with three cycles. Data collection techniques used in this study were observation, tests, documentation, data analysis techniques using qualitative and quantitative. The subjects of this study were 21 of 2nd grade students consisting of 11 male students and 10 female students. The results of the study showed that in cycle I the average score was 66.09 with 6 students completing it with a percentage of 29%. In cycle II the average score was 81.04 with 14 students completing it with a percentage of 67% and in cycle III the average score was 93.19 with 21 students completing it with a percentage of 100%. The results of this study indicate that the application of Block Dienes game media on addition and subtraction oncept can improve the learning outcomes of 2nd grade students of SDN 5 Sigli
References
Abduloh, dkk. 2022. Peningkatan dan Pengembangan Prestasi Belajar Peserta Didik. JawaTimur: Uwais Inspirasi Indonesia.
Afifuddin dan Beni Ahmad Saebani. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Pustaka Setia.
Ahmadi, dkk. 2022. Efektivitas Penerapan Pembelajaran Daring di tengah Badai Covid-19. Bandung: MEDIA SAINS INDONESIA.
Aisyah, Nymas, dkk. 2007. Pengembangan Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Depdiknas.
Anderson, Lorin W. dan David R. Krathwol. 2001. Taksonomi untuk Belajar, mengajar, dan Menilai, Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom Tujuan. New York: Addision Wesley Lonman Inc.
Aprianto, Iwan, dkk. 2022. Landasan Pendidikan. Jawa Tengah: Lakeisha.
Aqib, Zainal. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : Yrama Widya.
Arifin, Zainal. 2014. Penelitian Pendidikan,Metode dan Paradigma Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Arikunto, Suharsimi, dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo.
Atmaja, Nanda Pramana. 2016. Super Lengkap Evaluasi Belajar Mengajar. Yogyakarta : Diva Press.
Azwar, Saifuddin. 2017. Metode Penelitian Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Azwan Zain. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Fathan, Abdul Halim. 2009. Matematika Hakikat dan Logika. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Gredler, Margaret E. Bell. 1991. Learning and Instruction Theory into Practice Terjemahan Muandir. Jakarta: Rajawali.
Hamalik, Oemar. 2015. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Heruman. 2012. Model Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Hidayat, Rahmat dan Abdullah. 2019. Ilmu Pendidikan Konsep, Teori dan Aplikasinya, Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI).
Husamah, dkk. 2019. Pengantar Pendidikan. Malang: Universitas Muhammadiyah.
Imron, Ali. 2012. Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
Jalinus, Nizwardi dan Ambiyar. 2016. Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: KENCANA.
Kusuma, Wijaya & Dedi Dwitagama. 2010. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Indeks.
Lestari, Monika. 2015. Efektifitas Media Block Dienes dalam Meningkatkan Konsep Operasi Pengurangan Siswa Tunarungu X di SDLBN 04 Tarantang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus. Vol. 4 No. 3 hal. 236-237.
Martinis, Yamin. 2007. Desain Pembelajaran Berbasis Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Gaung persada Press.
Muhaimin. 2020. Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Materi Lingkaran Dengan Metode Dienes Siswa Kelas VI SD N Mumbang Kec.Kopang. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan.Vol. 4 No. 1 hal 179. ISSN : 2598-9944.
Mukhatazar. 2020. Prosedur Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Absolute Media.
Muslih, Mansur. 2009. Melaksanakan PTK (Penelitian Tindakan Kelas) itu Mudah. Jakarta: Bumi Aksara.
Nasution. 2013. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Nurrita, Tenni. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa, Jurnal Pendidikan, Vol 01 No 01 hal 174.
Oktarandi, Isti. 2014. Efektifitas Media Block Dienes Untuk Meningkatkan Kemampuan Penjumlahan Deret Ke bawah Bagi Anak Berkesulitan Belajar, Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, Vol. 3 No. 3 hal. 64.
Pitadjeng. 2006. Pembelajaran Matematika yang Menyenangkan, Jakarta: Depdiknas.
Prasetya, Sukma Perdana. 2015. Media Pembelajaran Geografi.Yogyakarta: Ombak.
Ramayulis. 2008. Metodologi Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Pustaka Abadi.
Rapingah, Siti, dkk. 2022. Buku Ajar Metode Penelitian. Jakarta: Feniks Muda Sejahtera.
Runtukahu, Tombokan. 1996. Pengajaran Matematika Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Depdikbud.
Ruseffendi E.T. 1997. Pengajaran Matematika Modern Untuk Orang Tua, Murid, Guru dan SPG. Bandung: Tarsito.
Safitri, Nuraini. 2018. Efektifitas Media Block Dienes Terhadap Kemampuan Penjumlahan Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Anak Slow Learner Kelas II Di SD N Gejayan. Jurnal Widia Ortodidaktika, Vol 7 No. 3 hal. 240.
Samad dan Maryati Z. 2017. Perkembangan Peserta Didik. Makassar: FKIP Unismuh.
Sanjaya, Wina. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Pernada Media Group.
Sardiman, Arif S. 2005. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers.
Siregar, Syofian. 2014. Statistika Deskriptif untuk Penelitian. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai. 2011. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan RD. Bandung: Alfabeta.
Suherman, Erman. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Sukiman. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.
Sukiyati dan Agus Suharjana. 2009. Pemanfaatan Alat Peraga Matematika dalam Pembelajaran di SD, Yogyakarta: PPTK Matematika.
Surapnata, Sumarna. 2004. Analisis Validitas, Reliabilitas dan Interpretasi Hasil Tes. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Susilo, Hera Wati. 2009. Penelitian Tinakan Kelas, Cet. I. Malang: Bayu Media Publishing.
Tanzeh, Ahmad. 2011. Metodologi Penelitian Praktis. Yogyakarta: Teras.
Winarsunu, Tulus. 2006. Statistika dalam Penelitian Psikologi dan Pendidikan. Malang:UMM Press.
Yusufhadi, Miarso. 2011. Menyernai Benih Teknologi Pendidikan, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Junaidah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.