IMPLEMENTASI KECERDASAN MAJEMUK DALAM PEMBELAJARAN

Authors

  • Gusti Handayani

Keywords:

implementation, multiple intelligences, learning

Abstract

Multiple intelligence is a theory introduced by Howard Gardner that aims to optimize the intelligence possessed by each individual (student) in terms of achieving certain competencies. There are nine types of multiple intelligence, which are linguistic intelligence, logical mathematical intelligence, visual-spatial intelligence, musical intelligence, kinesthetic intelligence, interpersonal intelligence, intrapersonal intelligence, naturalist intelligence and existential intelligence.

References

Ahmadi, Abu dan Munawar Sholeh. 2025. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Rineka Cipta

Ardiani R. 2022. Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Majemuk dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Murhum Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 3 (1), 1-12. https://doi.org/10.37985/murhum.v3i1.65

Berliana, D dan Atikah, C. 2023. Teori Multiple Intelligences dan Implikasinya dalam Pembelajaran. Jurnal Citra Pendidikan, 3 (3), 1108-1117. https://doi.org/10.38048/jcp.v3i3.963

Efendi, Agus. 2005. Revolusi Kecerdasan Abad 21. Bandung: Alfabeta

Fahmi, Ikhsan Nur. 2021. Pengembangan Kecerdasan Majemuk Melalui Pembelajaran Berbasis Permainan. Banyumas : Wawasan Ilmu

Kosasih, E. 2014. Strategi Belajar dan Pembelajaran: Implementasi Kurikulum 2013. Bandung : Yrama Widya

Lodewijk, Dewi Putriani Yogosara. 2022. Mengembangkan Potensi Kecerdasan Linguistik pada Anak Sebagai Optimalisasi Kecerdasan Majemuk. Bandung: Guepedia

Marpaung, Junierissa. 2017. Pengaruh Pola Asuh Terhadap Kecerdasan Majemuk Anak, Jurnal Kopasta, 4 (1). P-ISSN 2442-4323 E-ISSN 2599-0071 DOI: https://doi.org/10.33373/kop.v4i1.1118

Muhajarah, K. 2022. Beragam Teori Kecerdasan, Proses Berpikir dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan, Sains Sosial, dan Agama, 8 (1). DOI: https://doi.org/10.53565/pssa.v8i1.442

Rahman, M.I. 2018. Metode Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligences) terhadap Siswa. Education, 1-21

Samsinar, S. 2014. Strategi Multiple Intelligences Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada SMPN Di Watampone. Jurnal Diskursus Islam, 2(3), 379-408. https://doi.org/10.24252/jdi.v2i3.6537

Yanti, Y. E. dkk. 2024. Melatih Perkembangan Spiritual Anak Melalui Pengenalan Sholat 5 Waktu Dengan Metode Permainan Kartu. Jurnal Edukasi Pengabdian Masyarakat, 3(3), 311–317. https://doi.org/10.36636/eduabdimas.v3i3.4455

Yaumi, M dan Nurdin Ibrahim. 2013. Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Jamak ( Multiple Intelligences) : Mengidentifikasi Dan Mengembangkan Multitalenta Anak. Jakarta : Kencana

Yaumi, Muhammad 2013. Prinsip-prinsip Desain Pembelajaran : Disesuaikan dengan Kurikulum 2013 Edisi Kedua. Jakarta : Kencana

Yuliya dkk. 2020. Meningkatkan Kecerdasan Spriritual Anak Usia Dini Melalui Peran Guru Dengan Menggunakan Kartu Huruf Hijaiyah di Paud Nurul Atfal Usia 5-6 Tahun. Jurnal Ceria (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 3 (5). https://doi.org/10.22460/ceria.v3i5.p%25p

Downloads

Published

2025-01-08

Issue

Section

Articles