PENERAPAN MEDIA SEMPOA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SD NEGERI 1 SANGGEUE

Authors

  • Nasri Diana

Keywords:

Abacus, Student Learning Outcomes, 3rd grade students

Abstract

This study aims to determine the application of abacus media in improving the learning outcomes of 3rd grade students of SD Negeri 1 Sanggeue. The research design used is the type of classroom action research (CAR). The subjects in this study were 3rd grade students, totaling 14 students consisting of 11 female students and 3 male students. Data collection in the study was carried out by observation and tests. The results of the study showed that the average individual score in cycle I was 74.92 and increased in cycle II to 87.28. Classical completeness in cycle I was 8 students with a percentage of 57.14%, and classical completeness in cycle II was 14 students with a percentage of 100%. So it can be concluded that the application of abacus media can improve student learning outcomes in 3rd grade students of SD Negeri 1 Sanggeue

References

Ahmad, Amala Bilqis. 2021. Peran Media Sempoa Sebagai Alat Bantu Stimulasi Kemampuan Berhitung Siswa. Al Fikru Jurnal Pendidikan dan Sains, 2 (2), 341-353. E-ISSN 2774-5627, P-ISSN 2747-1349

Anugrahana, Andri. 2019. Metode Penjumlahan Dan Pengurangan Dalam Sempoa. Yogjakarta: SDU Press

Aripen. 2021. Pengaruh Penggunaan Media Sempoa Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas III SD Negeri 12 Kecamatan Tanjung Sakti Pumu Kabupaten Lahat. Skripsi. Bengkulu: IAIN Bengkulu

Azhar, Arsyad. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada

Billa, S, dkk. 2023. Implementasi Media Sempoa Dalam Mata Pelajaran Matematika Kelas I Di Sekolah Dasar. JPMI : Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 5 (3), 138-149. E-ISSN 2776-2033

Budiningsih, Annayanti dan M. Syamsul Wardani. 2007. Mahir Berhitung dengan Metode Sempoa. Bandung: Sinergi Pustaka Indonesia

Bungin, Burhan. 2005. Metodologi Penelitian Kuantitatif: Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan Publik dan Ilmu-ilmu Sosial lainnya. Jakarta: Fajar Inter Pramata OffSet

Darmanto, Muji. 2007. Terampil Berhitung Matematika. Jakarta: Erlangga

Debdikbud. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Bulan Bintang

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 2000. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Reibeka Cipta

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain 2010.. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Edu. 2003. Cara Mudah Belajar Sempoa Jilid 1. (Jakarta: Buana Ilmu Populer

Ermalinda, Paizaluddin. 2013. Penelitian Tindakan Kelas Panduan Teoritis Dan Praktis. Bandung: Alfabeta

Fraenkel, dkk. 2012. How To Design and Evaluate Research In Education Eighth Edition. New York: Mc Graw Hill

Ghozali, Imam. 2009. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: UNDIP

Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontektual dalam Pembelajaran Abad 21. Jakarta: Ghalia

Husein Umar. 2005. Riset Pemasaran & Perilaku Konsumen. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Iskandar. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: GP Press

----- . 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Social. Jakarta: GP Press

Khumaidah, Nurul. 2007. Panduan Belajar Mental Aritmatika. Gresik: Master

Kristiawati. 2021. Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Soal Berhitung Melalui Penggunaan Media Sempoa Siswa Kelas III SD Inpres Buttatianang. JKPD : Jurnal Kajian Pendidikan Dasar. Vol. 6 No. 2. https://doi.org/10.26618/jkpd.v6i2.5702

Kusnandar. 2008. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Press

----- . 2008. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Press

Liberna, Hawa. 2012. Peningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Melalui Penggunaan Metode Improve pada Sistem Persamaan Linier Dua Variabel. FORMATIF : Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA. P-ISSN: 2088-351x E-ISSN : 2502-5457. Vol 2 No 3 http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v2i3.101

Mahyanto, Bambang. 2001. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Surabaya: Pelita Indah

Miarso, Yusufhadi. 2011. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Mufarokah, Anisatul. 2009. Srategi Belajar Mengajar. Jogjakarta: Teras

Nasution, S. 1990. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar-Mengajar. Jakarta: Bina Aksara

Nurhati, Elis Ade. 2007. Berhitung Cepat dan Tepat dengan Sempoa. Jakarta: Panca Anugrah Sakti

Oemar, Hamalik. 2006. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara

Rahmawati, Dyah. 2007. Mental Aritmatika Sempoa. Jakarta: Rajagrafindo Persada

Ristika, Ika. 2018. Pengaruh Penggunaan Media Sempoa Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas II SD Inpres Kapasa Kecamatan Tamalanrea Kelurahan Kapasa Kota Makassar. Skripsi. Sulawesi Selatan : Universitas Muhammadiyah Makassar

Rusman. 2014. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo

Rusman. 2017. Belajar & Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kharisma Putra Utama

Saebani, Beni Ahmad. 2008. Metode Penelitian. Bandung: Pusaka Setia

Sanjaya, Wina. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media

Siswanto. 2002. Mental Aritmatika Sempoa. Jakarta: Elex Media Komputindo

Sudijono, Anas. 2006. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafido Persada

Sudjana, Nana. 2002 Metode Statistik. Bandung: Tarsito

----- . 2008. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Cet. Xv. Bandung: Ramaja Rosdakarya

Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta

----- . 2006. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Suhrsimi, Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

----- . 2007. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rhineka Cipta

Sumantri, Moh. Syarifi. 2015. Strategi Pembelajaran. Jakarta : Rajagrafindo

Suparlan, Suharto. 2009. Filsafat Pendidikan. Jokjakarta: Ar Ruzz Media

Susilo, Hera Wati. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Malang: Bayumedia Publishing

Sutan, Mohammad Zain. 2001. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan

Syifa, F.M dan Nurhenti D.S. 2015. Penggunaan Sempoa Dalam Pengembangan Kemampuan Berhitung Permulaan Anak. PAUD TERATAI : Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 4 (2), 1-6. ISSN 2302-7363

Widyastuti. 2007. Pandai Berhitung dengan Sempoa. Jakarta: Puspa Swara

Winkel, W. S. 1987. Psikologi Pengajaran. Jakarta : Gramedia

Yahya, A. Muhaimin. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Zainal, Arifin. 2010. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya

Downloads

Published

2025-01-08

Issue

Section

Articles